Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SIDOMUKTI LAMONGAN
    Penulis : IFA NUR FITRIANA
    Dosen Pembimbing I : Dewi Mayang Sari, S.Psi., M.Psi
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B TK Dharma Wanita Sidomukti Lamongan. Metode pembelajaran adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pendidik untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang telah diberikan oleh pendidik. Metode pembelajaran yang diteliti yaitu metode pemberian tugas yang digunakan untuk menstimulus kemampuan kognitif anak khususnya dalam hal mengklasifikasikan warna, bentuk dan ukuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Sidomukti Lamongan sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan analisis data uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 17 maka 0 < 17 dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pemberian tugas terhadap kemampuan kognitif anak.

    Abstraction

    The purpose of this study is to determine the effect of learning method of field trip to literacy of children group B TK Dharma Wanita Sidomukti Lamongan. Learning method is one way done by educators to facilitate learners in understanding the material that has been given by educators, as in early childhood education methods that can be applied There are 8 methods of learning but this study only focuses on the method of learning field trips that is used to stimulate child literacy. The method of study is the method of giving tasks used to stimulate the cognitive abilities of children, especially in terms of classifying colors, shapes and sizes. This study uses quantitative approach using experimental method with Pre-experimental design type design one-group pre-test post-test. The subject of this study is a children of group B at Dharma Wanita Sidomukti Lamongan. Which is the children as many as 13 children. Techniques of collecting data are participant observation and documentation. This study uses the Wilcoxon marked test data analysis. The result of data analysis was obtained by value of Tcount is 0 and value of Ttable17 then 0 <17 and Ha is accepted. The analysis of the data indicates that there is a significant influence between the method of assigning tasks to the child’s cognitive abilities.

Detail Jurnal