Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di TK Darul Hikmah 3 Karangan
    Penulis : Siti Mardiyah
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, MA
    Dosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi, M.Psi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Darul Hikmah 3 Karangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis one group pretest-posttest yang terdiri dari pretest -treatment-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik dengan rentang usia 5-6 tahun di TK Darul Hikmah 3 Karangan dengan jumlah 20 anak. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data berupa statistik non parametris berupa uji jenjang bertanda wilcoxon dengan data hasil penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretetst terdapat 12 anak dengan nilai belum berkembang dan 8 anak mulai berkembang. Penilaian posttest setelah dilakukan treatment dengan menggunakan metode demonstrasi di dapatkan 6 anak berkembang sesuai harapan dan 14 anak berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon diperoleh nilai T hitung = 0 lebih kecil dari nilai T tabel yaitu 52. Sehingga hasil pengambilan keputusannya yaitu H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima Karena T hitung < T tabel (0 < 52). Simpulan dari penelitian ini adlaah terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Darul Hikmah 3 Karangan. Kata Kunci: Kemampuan Kerjasama, Metode Demonstrasi, Anak Usia Dini

    Abstraction

    The porpose of this research to know the influence of demonstration methods to cooperation ability of children aged 5th-6th years old in kindergarten Darul Hikmah 3 Karangan. This research use quantitative method with type experiment approach one group pretest-posttest with consist of pretest -treatment-posttest. The Subjects of this research is protégé with age range 5th-6th years old with 20 children in kindergarten Darul Hikmah 3 Karangan. The researcher use data collection techniques with observation and documentation. The researcher uses data analysis in the form of non parametric statistic in the form of wilcoxon marked test with pretest and posttest. The results of this research obtained at the time of pretestt there are 12 children with undeveloped value and 8 children began to grow. Posttest assessment performed after treatment using demonstration method in getingt 6 children develop as expected and 14 children developed very well. The result of calculation by using test level marked wilcoxon obtained value of T count = 0 smaller than value of T table that is 52. So result of decision making is H0 (null hypothesis) is rejected and Ha (alternative hypothesis) is received. Because T count

Detail Jurnal