Detail Karya Ilmiah
-
MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN KEGIATAN PENGAMAN DI TK KINCANG 02 MENUR JIWAN MADIUNPenulis : FRYDA ROHMATU ISTIQOMAHDosen Pembimbing I : Dewi Mayangsari S.Psi., M.PsiDosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman di TK Kincang 02 Menur Jiwan Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pendidik kelas kelompok A lulusan S1 dengan jumlah 2 orang dan obyek penelitian ini adalah proses pembelajaran di kelas kelompok A usia 4 sampai 5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melihat keabsahan datanya peneliti menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pendidik dalam pelaksanaan model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman di TK Kincang 02 Menur Madiun pada indikator persiapan mengajar yaitu pendidik sudah menerapkan kurikulum 2013, merancang serta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan maupun Harian. Pada indikator pengelolaan kelas pendidik berupaya dalam penataan ruang kelas yang disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan. Meskipun demikian alat permainan yang digunakan untuk kegiatan pengaman masih belum maksimal dan kegiatan pengaman masih sangat jarang diterapkan dikarenakan melihat umur mereka yang baru 4 sampai 5 tahun, keterbatasan pendidik untuk mengkondisikan anak, ruang dan media bermain anak. Pada indikator proses pelaksanaan model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman pendidik sudah melaksanakan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, istirahat, dan kegiatan penutup. Kata kunci : Model Pembelajaran Kelompok, Kegiatan Pengaman.
AbstractionThis research aims to find out the process of implementation the model of group learning with safety activity in Kincang Kindergarten 02 Menur Jiwan Madiun. This research used qualitative method of descriptive approach. The subjects of this research is class A group of graduate educators with the number of 2 people and the object of this research is the learning process in class A group aged 4 to 5 years. Techniques of data collection using observation, interviews, and documentation. Researcher used data analysis data reduction, data presentation and conclusion. Meanwhile, to see the validity of data the researcher use increased perseverance, triangulation of sources and triangulation of time. The results of this research indicate that the efforts of educators in the implementation the model of group learning with safety activity in Kincang Kindergarten 02 Menur Jiwan Madiun on teaching preparation indicators that the educators have implemented the curriculum of 2013, designing and preparing the Plan of Weekly and Daily Learning. In the indicators of classroom management the educators strive in the arrangement of classrooms tailored to the activities to be implemented. Nevertheless the game equipment used for safety activity is still not maximal and the safety activity is still very rarely applied due to their new age 4 to 5 years, the limitations of educators have to condition the child, the space and the media to play the child. In the indicator of the process of implementation the model of group learning with safety activity the educator has implemented the steps of the main learning activities are the preliminary activities, core activities, rest, and closing activities Keywords: Model of Group Learning, Safety Activity.