Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN KARTU GAMBAR TERHADAP KONSEP PEMAHAMAN SIMBOL HURUF PADA USIA 5-6 TAHUN DI RA ROUDLOTUL MU’ALLIMIN LABAN MENGANTI GRESIK
    Penulis : NUR LAILATUL AFIDAH ARIF
    Dosen Pembimbing I : Siti Fdjryana Fitroh, S.Psi, MA
    Dosen Pembimbing II :Yulias Wulani Fajar, S.Pd, M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran inside outside circle dengan kartu gambar terhadap konsep pemahaman simbol huruf pada usia 5-6 tahun Di RA Roudlotul Mu’allimin Laban Menganti Gresik. Teknik pembelajaran IOC ini dapat berbagi informasi dengan teman sebaya dan meningkatkan perkembangan bahasa. Teknik pembelajaran IOC digunakan untuk menstimulus konsep pemahaman simbol huruf anak usia 5-6 tahun dalam mengenal huruf, membuat huruf, dan belajar asosiasi bunyi huruf. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendektan Pr-eksperimental Desain jenis one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik dengan rentang usia 5-6 tahun di RA Roudlotul Mu’allimin Laban Menganti Gresik dengan jumlah 20 anak. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Peneliti menggunakan teknik analisis data statistik parametris berupa uji-t dengan data hasil penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretest terdapat 10 anak dengan nilai belum berkembang, 8 anak mulai berkembang, dan 2 anak dengan nilai berkembang sangat baik. Penilaian posttest setalah melakukan treatment dengan teknik pembelajaran IOC menggunakan kartu gambar di dapatkan 5 anak mulai berkembang, 12 anak berkembang sesuai harapan, dan 3 anak berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai T_hitung yaitu -6,12 dan nilai T_tabel 2,042 maka 2,042>-6,12 dan H_a diterima. Berdaraskan analisis tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik pembelajaran IOC terhadap konsep pemahaman simbol huruf.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of Inside Outside Circle learning techniques with image cards on the concept of understanding the symbols of letters at the age of 5-6 years At RA Roudlotul Mu'allimin Laban Menganti Gresik. This Inside Outside Circle learning technique can share information with peers and improve language development. Inside Outside Circle learning technique is used to stimulate the concept of understanding the symbol of the letters of children aged 5-6 years in recognizing letters, making letters, and learning the association of sounds of letters. This research uses quantitative method with Pr-experimental design of one group pretest-posttest. Subjects in this study were students with a range of age 5-6 years in RA Roudlotul Mu'allimin Laban Menganti Gresik with the number of 20 children. Researchers use observation data collection techniques and documentation in the form of photographs of activities and plans of daily learning. The researcher uses statistical data analysis technique of parametris in the form of t-test with data of pretest and posttest result. The results of this study obtained at the time of pretest there are 10 children with undeveloped value, 8 children began to grow, and 2 children with very good developing value. Posttest assessment after doing treatment with Inside Outside Circle learning technique using image card in get 5 children start developing, 12 children develop as expected, and 3 children develop very good. Result of calculation by using t-test obtained value of T_hitung is -6,12 and value T_tabel 2.042 then 2,042> -6,12 and H_a accepted. The analysis suggests that there is a significant influence between the learning technique inside outside circle to the concept of understanding the letter symbol.

Detail Jurnal