Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Pembelajaran Langsung Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita I Tanjung Jati Kamal
    Penulis : Margaretha Febryna
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Busyro Karim, S. Ag., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Siti Fadjryana Fitroh S. Psi., M. A.
    Abstraksi

    Berdasarkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah strategi pembelajaran langsung, mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran langsung, dan untuk mengetahui strategi pembelajaran langsung dalam pembentukan karakter tanggung jawab anak usia dini. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru. Metode penelitian ini penelitian kualitatif studi kasus yang menggali informasi secara mendalam dan terperinci dengan melakukan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mereduksi data, menjadikan data dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data strategi pembelajaran langsung di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita I Kamal yang guru terapkan memiliki langkah-langkah, kelebihan kekurangan dan dapat membentuk karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Guru berperan aktif, menyampaikan latarbelakang pembelajaran, mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan serta memberikan umpan balik . Kelebihan pembelajaran langsung yaitu guru menguasai materi pembelajaran, ruang kelas yang digunakan kecil, efektif untuk mengajarkan konsep dan keterampilan kepada anak berprestasi rendah, menggunakan metode ceramah.. Kekurangan strategi pembelajaran langsung yang ada di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita I Kamal yaitu cara komunikasi guru yang kurang maksimal, anak didik kehilangan fokus belajarnya pada menit 15-20. Pada strategi pembelajaran langsung dalam pembentukan karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun yang guru terapkan aspek yang dominan yaitu guru memulai sejak anak masih dini,guru memberikan kepercayaan kepada anak didiknya, ketahui ketika anak berperilaku bertanggung jawab berikan motivasi dan pujian, guru mendiskusikan tanggung jawab sebagai suatu nilai dengan menggunakan media buku cerita bergambar dan media boneka tangan dan diterapkan dihari selanjutnya. Kata kunci: Strategi Pembelajaran langsung, Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini

    Abstraction

    Based on the purpose of analysis which is to know the strategies of direct-learning, to know the ability and the weakness of direct-learning strategies, and to know direct-learning strategies in building children characters. The subject of this analysis is teachers themselves. The method of the analysis is qualitative study in which to dig up information deeply and clearly with did observation and interview. The data analysis which is used in this analysis is data reduction, identifying and making conclusion. The result of direct-learning strategies in Dharma Wanita Playgroup 1 Kamal which teachers applied have some steps, the ability and the weakness and also it is able to build children responsibility character in 5-6 years old. Teachers have active roles, in delivering the background of learning process, demonstrating knowledge and skills, also giving feedback. The ablity of direct-learning is teachers be comprehend the lesson, classroom that used is small, it is effective to teach concept and skills to children which have less prestige, using teach-method. The weakness of direct-learning strategies in Dharma Wanita Playgroup 1 Kamal is the way of communication that teacher used is less. Children lost their focus on the minute 15-20. Direct-learning strategies in building children responsibility character in 5-6 years old which teachers applied is the dominant aspect at the start. Teachers were giving believeness to the children, knowing responsibility behavior, giving complement and motivation. Teachers discussed responsibility which used drawing-story and hand-doll then its applied to in the next day. Keywords: Direct-learning strategies, responsibility charachter of children.

Detail Jurnal