Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Metode Bermain Berbasis Media Play Dough Terhadap Kemampuan Berhitung Kemampuan Anak Kelompok A di TK PGRI 3 Kamal BangkalanPenulis : fais ferda dwipantaraDosen Pembimbing I : Dwi Nurhayati Adahi, S.Psi, M.PsiDosen Pembimbing II :Dewi Mayang Sari, S.Psi, M.PsiAbstraksi
Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh metode bermain berbasis media playdough terhadap kemampuan berhitung anak kelompok A di TK PGRI 3 Kamal Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pretest posttest. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok A TK PGRI 3 Kamal sebanyak 11 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis data uji jenjang wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung yaitu 0 dan nilai Ttabel 11 maka 0 < 11 dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bermain berbasis media playdough terhadap kemampuan berhitung anak kelompok A di TK PGRI 3 Kamal Bangkalan. Kata Kunci :Metode bermain, media playdough, kemampuan berhitung
AbstractionAbstract This quantitative research aims to examine whether or not the influence of playdough media-based play methods on the ability of counting group A children in kindergarten PGRI 3 Kamal Bangkalan. This research uses quantitative approach by using experimental method with Pre-experimental design research Design type one-group pretest posttest. The subject of this study is a group of A TK PGRI 3 Kamal as many as 11 children. Techniques of collecting data through participant observation and documentation in the form of photos of activities and plans of daily learning. Data processing use data analysis wilcoxon level test. The result of data analysis obtained by value of Thitung is 0 and value of Ttabel 11 then 0 <11 and Ha accepted. Based on the data analysis shows there is a significant influence between playdough media play methods on the ability of counting group A children in kindergarten PGRI 3 Kamal Bangkalan. Keywords: play method, playdough media, numeracy skills