Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER APLIKASI PAINT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A2 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 22 BALONGPANGGANG GRESIKPenulis : WIWIT WIDIAWATIDosen Pembimbing I : M. Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Dewi Mayangsari, S.Psi., M.PsiAbstraksi
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis komputer aplikasi Paint terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A2TKAisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang Gresik. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan guru untuk mempermudah dalam penyampaian materi pembelajaran. Media pembelajaran yang diteliti yaitu media pembelajaran berbasis komputer aplikasi paint yang digunakan untuk menstimulus kemampuan kognitif anak khususnya dalam aspek belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis, dan berfikir simbolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desainjenis one-group pre-tes post-test. Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang Gresik sebanyak 11 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan danrencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data menggunakan analisis data uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai t_hitungyaitu -5,45 dan nilai t_tabelsebesar 2,086 maka -t_tabel>t_hitung(-2,086 >-5,45)dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis komputer aplikasi paint terhadap kemampuan kognitif anak.
AbstractionThe purpose of this study isdetermine the effect of computer based onthe learning of media Paint application forward the cognitive abilities of children A2 TK AisyiyahBustanulAthfal 22 Balongpanggang Gresik. Media of learning is everything that is used by teacher to simplify the delivery of learning materials. The media is computer-based learning which has paint application that is used to stimulate the cognitive abilities of children, especially in aspects of learning and problem solving, logical thinking, and symbolic thinking. This research uses quantitative approach that is experimental method with Pre-experimental design research design type one-group pre-test post-test. The subject of this study is a group A children in kindergarten AisyiyahBustanulAthfal 22 Balongpanggang Gresik as many as 11 children. Techniques of collecting data of ths research is participant observation and documentation in the form of photos of activities and plans of daily learning. Data processing uses t-test data analysis. The result of data analysis obtained by Tcount value is -5,45 and Ttable value 2,086 then-t_table>t_count(-2,086> -5,45) and Ha accepted. Based on the data analysis shows there is a significant influence between computer-based learning media paint application to the cognitive abilities of children.