Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Tehadap Pembendaharaan Kata Anak Kelompok
    Penulis : Enno Lianti Arif Putri
    Dosen Pembimbing I : Siti Fadjryana Fitroh. S. Psi. M. A
    Dosen Pembimbing II :Dewi Mayang Sari, S. P si, M.Psi.,Psi
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap pembendaharaan kata anak kelompok B. Pembendaharaan kata adalah kekayaan kata yang di miliki bahasa. Kempuan pemendaraan kata yang diteliti yaitu dengan model pembelajaran make a match untuk menstimulus kempuan anak dalam berhasa dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental Desain jenis one-group pre-testest posttest-test. Subjek peneliti ini merupakan anak kelompok B di TK Al Barokah Desa Rosep Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan sebanyak 17 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan serta rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Pengolahan data mengunakan analisis Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh nilai Thitungyaitu 0 dan nilai Ttabel 35 maka -0 < 35 dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang sinifikan antara pengaruh model pembelajaran make a match terhadap pembendaharaan anak pada kelompok B. Kata Kunci : model pembelajaran make a match, pembendaharaan kata, anak usia dini.

    Abstraction

    The purpose of this study is to know the influence of make a match lerning model towards kindergaden children vocabulary. Vocabulary is words afluence of language. Vocabulary skill which is studied make a match leaning model to stimulate the children ability of speechin daily activity. This study uses Quantitative approach whit experriment method and research design pre-ekperimental Desatn one-group pre-testpost-test. The subject of this study is B class of Al Barokah kindergarden in rosep village, Blega Bangkalan as much 17 children. The data collecting are participant observation and documentation like photos of activity and plan of data analysis gets a grade Tcount is 0 and grad Ttable is 35, Then – 0 < 35 and Ha accepted. Based on that data analysis shows there are significant influence between the in fluence of make a match lerning model with children vocabulary of B class in Al Barokah kindergarden. keywords: Make a Match learning model, vocabulary, Early Childhood.

Detail Jurnal