Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A di RA Bakti Telang KamalPenulis : supiyahDosen Pembimbing I : M.Busyro Karim, S.Ag., M.SiDosen Pembimbing II :Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.PsiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media balok Cuisenaire terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A di RA Bakti Telang Kamal. Media balok Cuisenaire adalah media balok warna warni sesuai dengan bilangannya yang disusun sesuai urutan dari 1 sampai 10. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok A di RA Bakti Telang Kamal yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil nilai dari pretest yang dilakukan terdapat 7 anak yang tergolong dalam kriteria mulai berkembang (MB), 7 anak yang belum berkembang (BB). Sedangkan nilai dari posttest yang dilakukan terdapat 6 anak termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik (BSB), 6 anak yang berkembang sesuai harapan (BSH), terdapat 2 anak mulai berkembang (MB). Berdasarkan perhitungan yang dilakukan peneliti diperoleh nilai Thitung yang diperoleh yaitu 0 dan dibandingkan dengan nilai criteria keputusan yaitu Ttabel yang berjumlah 21. Dapat disimpulkan bahwa nilai Thitung jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai Ttabel .Jika Thitung
AbstractionThis study aims to determine the effect of the use of preservation media of Cuisenaire on the ability to begin counting in A group children in RA Bakti Telang Kamal. The Cuisenaire beam media is a colorful beam medium according to the numbers arranged in order from 1 to 10. This type of research is a quantitative experimental study with One-Group Pretest-Posttest Design research design. This research was conducted in A group of children in RA Bakti Telang Kamal which amounted to 18 children. Sampling technique in this research using technique of non probability sampling. Data collection techniques used are observation and documentation. The result of the pretest score is 7 children who are included in developing criteria (MB), 7 underdeveloped children (UD). While the value of the posttest conducted there are 6 children included in the criteria developed very well (DVw), 6 children developed according to expectations (Exp), there are 2 children began to grow (BtG). Based on the calculations conducted by researchers obtained the value of Thitung obtained is 0 and compared with the value of the decision criterion is Ttabel which amounted to 21. It can be concluded that the value of Thitung is much smaller than the value Ttable. If Thitung