Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MELATIH PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
    Penulis : Siti Rofiyatun
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa dengan penerapan model Genius Learning. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dan dilaksanakan di SMPN 3 Geger dengan populasi semua kelas VII dan sampel yang diteliti 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes untuk pemahaman siswa, lembar observasi keterlaksanaan, lembar aktivitas siswa, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) penerapan model Genius Learning dalam pembelajaran IPA membuat siswa lebih aktif dengan rata-rata 73% dengan kategori baik (2) penerapan model Genius Learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan rata-rata N-Gain 0,45 dengan kategori sedang serta uji t diperoleh - thitung < ttabel < thitung (-2,089 < 1,682 < 2,089) (3) keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Genius Learning terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 94,2% (4) respon siswa saat menggunakan model Genius Learning sangat baik dengan persentase 86%. Kata Kunci: Model genius learning, pemahaman siswa, pembelajaran IPA.

    Abstraction

    The research aims to know concept understanding of student’s with implementation Genius Learning model. The study uses quasi-experimental method and implemented in SMPN 3 Geger with population of all class VII and sample which researched 2 class that is class VII A as experiment class and class VII B as control class. The sampling technique used purposive sampling. Data collection uses tests for student comprehension, activity observation sheets, student activity sheets, and student response questionnaires. Data analysis technique using free t-test. Based on the results of this study, it can be concluded that (1) the application of models Genius Learning in science learning makes students more active with an average of 73% in both categories (2) the application of models Genius Learning in science learning can enhance students understanding with the average N-Gain 0.45 with medium category and t test obtained -t count < t table < t count (-2,089 < 1, 682 < 2,089) (3) adherence to science learning by using learning Genius models very successfully with percentage 94.2% (4) students' responses when using models Genius learning is very good with a percentage of 86%. Keywords: Genius learning model, understanding students, learning science

Detail Jurnal