Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA
    Penulis : Khalifatul Khair
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar IPA berbasis kearifan lokal dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di MTs At-Taufiqiyah dengan jumlah peserta didik 10. Desain pengembangan yang digunakan 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) tanpa disseminate. Data hasil penelitian pengembangan berupa prosentase kelayakan yang diperoleh dari hasil uji validasi sebesar 90,48% dinyatakan layak digunakan tanpa revisi (valid) dan uji reliabilitas sebesar 91,98% dinyatakan baik. Hasil keterbacaan peserta didik yaitu 84,7% dinyatakan sangat baik. Buku ajar IPA berbasis kearifan lokal dan keterampilan berpikir kritis dinyatakan layak digunakan. Kata Kunci: Buku Ajar IPA, Kearifan Lokal dan Keterampilan Berpikir Kritis

    Abstraction

    This research aims to development teaching materials in the form of science text books based local wisdom and critical thinking skills. This research object is studens 10 of islamic junior high school (Mts) At-Taufiqiyah. The development design used is 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) without dissemination. Based on the data result of development is the form of eligibility percentage obtained from validation test of 90,48% expressed feasible to use without revision (valid) and reliability test of 91,98% expressed good. Science text books based local wisdom and critical thinking skills is avowed feasible or recomended to use. Keywords: Textbook IPA, Local Wisdom and critical thinking skills.

Detail Jurnal