Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mengetahui Keterampilan Metakognisi SiswaPenulis : Khoirul HudaDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Huda, Khoirul. 2017. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mengetahui Keterampilan Metakognisi Siswa. Skripsi, Progam Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbinng I: Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si, Pembimbing II: Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognisi siswa, mengetahui tingkat keterampilan metakognisi, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental yang menggunakan desain one group pretest and postest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMPN 1 Labang dengan sampel kelas VII-H. Teknik analisis data menggunakan uji Non-Parametrik Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognisi siswa, dengan tingkat signifikasi angket MAI sebesar 0,006 dan soal MSI sebesar 0,000. Analisis tingkat keterampilan metakognisi diperoleh dari angket MAI setelah pembelajaran sebagai berikut: Planning Skill sebesar 83,2 %, Monitoring Skill sebesar 86,6% dan Evaluation Skill sebesar 71,6%. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing telah efektif untuk mengetahui keterampilan metakognisi siswa. Keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata 91,7% dengan kategori sangat tinggi. Respon siswa terhadap model inkuiri terbimbing memperoleh nilai rata-rata 83,76% dengan kategori sangat menarik. Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Inkuiri terbimbing, dan Keterampilan metakognisi.
AbstractionHuda, Khoirul. 2017. The Effectiveness of Guided Inquiry Learning To Find Out Student Metacognition Skill. Bachelor Thesis. Natural Science Education Study Program Faculty of Education University of Trunojoyo Madura. First Advisor: Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si, and Second Advisor: Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research aimed to find out the effectiveness of guided inquiry learning toward student metacognition skill, the level of metacognition skill, learning implementation and student response in science learning. The research was kind of pre-experimental research and using one grup pretest and postest design. The population used student VII class of Junior High School 1 of Labang with sample on VII-H class. Data analysis technique used Wilcoxon Non-parametric test. There was an influence of guided inquiry learning toward student metacognition skill by the signification level of MSI questionnaire was 0,006 and the signification level of MSI test 0,0000. The level of metacognition skill analysis was obtained from MAI questionnaire after learning as follows: Planning Skill 83,2%, Monitoring Skill 86,6% and Evaluation Skill 71,6%. Based on these analyzes that guided inquiry model had been effective to know students' metacognition skills. The implementation of guided inquiry learning had average value about 91,7% by very high category. The response of student toward guided inquiry model showed average value about 83,76% by interesting category. Keyword: Effectiveness Learning, Guided Inquiry, and Metacognition Skill.