Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Bahan Ajar Hukum Newton Berbasis Komik Pada Pembelajaran IPA SMP
    Penulis : Nurul Fadilah
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mmengetahui kelayakan, respon siswa, dan keterbacaan bahan ajar hukum Newton berbasis komik. Jenis pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D models) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), tanpa tahap penyebaran (disseminate). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labang. Sampel penelitian adalah sepuluh siswa di kelas VIII C. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kelayakan bahan ajar dari hasil uji validitas sebesar 91,26% dinyatakan layak digunakan tanpa revisi (valid) dan uji reliabilitas sebesar 94,13% dinyatakan sangat baik, rata-rata kelayakan materi dari hasil uji validitas sebesar 94,38% dinyatakan layak digunakan tanpa revisi (valid) dan uji reliabilitas sebesar 95% dinyatakan sangat baik, respon siswa sebesar 82,02% dengan kriteria sangat baik dan keterbacaan sebesar 79,83% dinyatakan sangat baik. Disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis komik layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Bahan ajar, hukum Newton, komik

    Abstraction

    The research aims to know validity, student response, and readable student in teaching materials of Newton’s Law Comic. The developing used 4D (Define, Design, Develop without Disseminate). The population in this research was students of Junior High School 1 Labang. The sample of research was ten students of VIII C. The average validity scores of teaching materials aspect was 91,26 % with proper used without revision and reliability result was 94,13% with very good category, and the average validity scores of material aspect was 94,38% with proper used without revision criteria and reliability result was 95% and student response was 82,02 % with absolutely attractive criteria then readable scores was 79,83%. To concluded Comic based teaching materials as the orientation as allowed to used in learning activity. Keywords: Teaching materials, newton’s law, comics

Detail Jurnal