Detail Karya Ilmiah

  • PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
    Penulis : Nurul Fathoni
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen design dengan desain penelitian non-equivalent control group design yang dilaksanakan selama 3 pertemuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E dan siswa kelas VIII-C SMPN 2 Kamal dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh signifikansi 0,000. Hal ini berarti bahwa 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan kognitif siswa. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media flashcard sebesar 69,05 dan hasil belajar siswa dengan menggunakan ceramah/konvensional sebesar 47. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media flashcard sebesar 94,52% dengan kategori sangat kuat. Hasil repon siswa menggunakan media flashcard sebesar 77,25% dengan kategori sangat kuat. Kata Kunci: kemampuan kognitif, media flashcard

    Abstraction

    Abstract This research aims to know the influence of using flashcard media on students’s cognitive ability to science lessons. This research was a quasi experimental design research with non-equivalent control research design that held for 3 meetings. The sample in this research was the students of VIII-E and VIII-C grade at SMPN 2 Kamal by using purposive technique sampling. Analysis data technique by using wilcoxon. Based on the result of research obtained significant 0,000. It meanp that 0,000 < 0,05 so, H0 was rejected and H1 was accepted. The conclution that there was a difference in the effect of using flashcard media student’s cognitive ability. Student learning outcomes by using flashcard media score was 69.05 and student learning outcomes by using conventional was 47. The result of learning implementation by using flashcard media score was 94,52% with criteria very strong. The result of students response by using flashcard media score was 77,25% with criteria very strong. Keywords: cognitive ability, flashcard media

Detail Jurnal