Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
    Penulis : Rika Dyanita Sari
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Bangkalan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan siswa pada VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa pada VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t sampel bebas. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dari model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t yaitu thitung > ttabel = 2,051 > 2,016 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Hasil belajar kelas eksperimen mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 70,91. (3) Proses pembelajaran menggunakan model Guided Discovery Learning terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 98%. (4) Respon siswa menunjukkan sangat baik terhadap model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan hasil sebesar 77,2 %. Kata Kunci: hasil belajar, guided discovery learning, pembelajaran IPA

    Abstraction

    The aim in this research was to know the influence of science learning with Guided Discovery Learning model on students learning outcomes. This research was used quasi experimental with nonequevalent control group design. The sampling technique was used purposive sampling with students in VIII B as the experimental class and students in VIII C as the control class. The data analysis technique in this research was used independent sample t-test. The results of this research indicated that: (1) There was influence of Guided Discovery Learning model on student learning outcomes with t test result tcount > ttable = 2.051 > 2.016 so that H0 was rejected and H1 accepted. (2) The learning outcomes of the experimental class reached the Minimum Criterion of 70.91. (3) The learning implementation used the Guided Discovery Learning model performed very well with a percentage of 98%. (4) Student response showed very good toward Guided Discovery Learning model with result of 77,2%. Keywords: learning outcomes, guided discovery learning, science learning

Detail Jurnal