Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KINERJA PRAKTIKUM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PESERTA DIDIK SMPPenulis : Luthfi PrasetyoDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S. Si., M. SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.PdAbstraksi
Abstrak Penelitian dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan instrument kinerja praktikum berupa lembar petunjuk praktikum, dan lembar observasi penilaian kinerja, menguji keefektifan produk tersebut dalam melatih dan menilai keterampilan proses sains. Desain pengembangan yang dilakukan yaitu 4D (Define, Design, Develop, And Dissemination). Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP 2 Socah yang berjumlah 27 orang. Hasil uji kelayakan produk menunjukkan presentase 83% yang termasuk ketegori layak digunakan untuk kelayakan instrument penilaian. Hasil uji coba produk menunjukkan peningkatan sejak praktikum pertama hingga praktikum ketiga dengan ketegori cukup baik, baik, sangat baik. Tanggapan peserta didik menunjukkan presentase sebesar 84%. Hasil tersebut menunjukkan jika peserta didik menganggap kegiatan praktikum yang dinilai menggunakan penilaian kinerja sangat menarik. Kata kunci : keterampilan proses sains, penilaian kinerja, Praktikum/eksperimen
AbstractionAbstract The purpose of this study is to develop a practical performance instrument in the form of a practical manual sheet, appraisal observation and the effectiveness of the product in training and assessing the skills of the science process. The design development conduct in 4D (Define, Design, Develop, And Dissemination). The sample of this research require 27 students of class VIII SMP 2 Socah. The results, it indicate that 83% percentage is suitable for the appraisal of the assessment instrument. From the results of the product trials it indicates an enhacement from the first practicum to the third can be categorize in good enough, good, and very good mark. The student response show 84% of the percentage. As the results, it indicate that the student feel so interesting by using practicum assement performance.