Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan LKS IPA Learning Cycle 5E Berbasis Keterampilan Memecahkan MasalahPenulis : Friska Rizki SusantoDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S,Si., M.SiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Friska Rizki Susanto. 2018. Pengembangan LKS IPA Learning Cycle 5E berbasis keterampilan memecahkan masalah. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Fatimatul Munawaroh, Pembimbing II Ana Yuniasti Retno Wulandari. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan, keterbacaan, dan respon siswa terhadap LKS IPA Learning Cycle 5E berbasis keterampilan memecahkan masalah. Desain pengembangan yang digunakan 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) tanpa disseminate. Tempat pelaksanaan dilakukan di SMPN 1 Satap 3 Rabasan pada kelas VII Tahun ajaran 2017/2018 . Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil validasi kelayakan LKS menunjukkan rerata 84,78% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Angket keterbacaan LKS diperoleh nilai 99,21% dengan kategori sangat baik. Respon siswa menunjukkan respon sangat menarik terhadap LKS IPA Learning Cycle 5E berbasis keterampilan memecahkan masalah dengan menunjukkan rerata sebesar 84,79%. LKS IPA Learning Cycle 5E berbasis keterampilan memecahkan masalah dinyatakan layak digunakan. Kata Kunci: keterampilan memecahkan masalah, learning Cycle 5E, lembar kerja siswa (LKS).
AbstractionFriska Rizki Susanto. 2018. Developing of Student’s Worksheet IPA Learning Cycle 5E based problem solving skills. Thesis, Natural Science Education Study Program, Education Faculty, Trunojoyo of Madura. Advisor I Fatimatul Munawaroh, Advisor II Ana Yuniasti Retno Wulandari. . ABSTRACT The aim of this research was to know the validity, readable, and student’s of the Student Worksheet IPA Learning Cycle 5E-based problem-solving skills. The design development to use is 4D Define, Design, Develop, Desseminate) without disseminate. The place of execution in junior high school 1 Satap 3 Rabasan in class VII-B of academic year 2017/2018. Tehnical understanding sample use purposive sampling. The validation result expediency LKS indicate on the average 84,78% with category very suitable tu uses. Questionnare reading Student Worksheet the result 99,21% with very good category. Response participantrducate indicate very good response to Student Worksheet IPA learning cycle 5E based problem solving with indicate on the average 84,79%. Student Worksheet IPA Learning Cycle 5E based skills solve the problem otherwise valid to use. Keywords: problem solving skills, learning Cycle 5E, Student Works.