Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaranm Berbasis M,asalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Hasil; Belajar IPA Siswa SMP
    Penulis : Zuhrotun Nasaukhah
    Dosen Pembimbing I : Lala Khamsatul Muharrami, S.Si., m.sI
    Dosen Pembimbing II :wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3 yang dilaksanakan di SMPN 1 Socah dengan populasi semua siswa kelas VII Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan siswa pada kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan siswa pada kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan isi sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, (2) tidak ada pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas 0,412 > 0,05, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas 0,332 > 0,05, (4) keterlaksanaan model PBM sangat baik dengan persentase sebesar 98%, (5) respon siswa terhadap pembelajaran model PBM sangat baik dengan persentase sebesar 88%. Kata kunci : Gaya belajar, Hasil belajar, Pembelajaran berbasis masalah

    Abstraction

    The aim in this research was to know the effect of using problem-based learning over viewed from students learning styles toward learning outcomes. The kind of research was quasi experimentsal with factorial design 2 x 3 was conducted at SMPN 1 Socah with population was all seventh grade students in the academic year of 2016/2017. The sampling technique was used purposive sampling with students in VII-E as the experimental class and students in VII-D as the control class. Technique of collecting data used observation, documentation, questionnaires, and test. The data analysis tecnique in this research was used two ways Analysis of variance with different cell. The results of this research indicated that: (1) there was an effect of learning model toward student learning outcomes with probability value 0,000 < 0,05, (2) there was no effect of students’ learning style visual, auditorial, and kinesthetic toward student learning outcomes with probability value 0,412 > 0,05, (3) there was no interaction between learning model and students’ learning style toward student learning outcomes with probability value 0,332 > 0,05, (4) the implementation of problem-based learning model is very good with percentage of 98%, (5) students response to problem based learning model is very good with percentage of 88%. Keywords: Learning outcomes, Learning style, Problem based learning,

Detail Jurnal