Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Pembelajaran Berbasis Modeling The Way pada Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa.
    Penulis : Disna Vironika
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Modeling The Way pada pembelajaran sains untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dan dilaksanakan di MTs Rahmad Said Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: 1) hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 86% dengan kriteria sangat baik; 2) hasil respon siswa sebesar 82.8% dengan kriteria sangat baik; 3) hasil ratarata kreativitas siswa sebesar 74.32% dengan kriteria tinggi; 4) hasil uji hipotesis untuk uji t dua sampel bebas dan t satu sampel berpasangan dengan perolehan nilai signifikasi < 0,05, maka H 0 v ditolak dan H 1 diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa metode pembelajaran Modeling The Way efektif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Kreativitas, Modeling The Way

    Abstraction

    This study aims to know the effect of learning methods Modeling The Way on science lesson to improve student creativity of learning. This study uses quasi experimental design method and implemented in MTs Rahmad Said Jombang. Taking sampling technique using purposive sampling. Based on the research results obtained data as follows: 1) the average result learning implementation outcomes of 86% with very good criteria; 2) result of student response is amount of 82.8% with very good criteria; 3) the average result of student creativity is amount of 74.32% with high criteria; 4) the result of hypothesis independent samples test and onesample test with acquirement of significance value < 0,05, then H 0 is rejected and H 1 accepted. Its indicates that method of learning Modeling The Way effectively in improve student creativity of learning. Keywords: Effectiveness of Learning, Creativity, Modeling the Way

Detail Jurnal