Detail Karya Ilmiah

  • pengembangan perangkat pembelajaran berbasis scientific inquiry yang berorientasi pada literasi sains
    Penulis : irfan armein widodo
    Dosen Pembimbing I : mochammad ahied S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :ana yuniasti retno W., S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model scientific inquiry yang berorientasi pada literasi sains. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Puri. Penilaian rata-rata validasi perangkat pembelajaran memperoleh 0,83 dengan kriteria sangat layak digunakan. Penilaian reliabilitas instrumen perangkat pembelajaran memperoleh 89,46 % dengan kriteria dapat dipercaya. Keterbacaan perangkat pembelajaran memperoleh presentase 88,21%. Respon siswa menunjukkan ketertarikan dengan presentase 91,88 %. Perangkat pembelajaran berbasis model scientific inquiry yang berorientasi pada literasi sains dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Literasi sains, scientific Inquiry, perangkat pembelajaran.

    Abstraction

    This study aims to develop the model of scientific inquiry-based instructional learning oriented of scientific literacy. This study uses a model of development with 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate) developed by Thiagarajan. The subjects of study is 10 students of class VIIIA of SMP Negeri 1 Puri. Validity of instructional learning obtain a percentage of 0,83 . Readability instructional learning obtain a percentage of 88.21%. Student responses showed interest with a percentage of 91.88%. Scientific inquiry model based instructional learning oriented on scientific literacy is worthy to use in learning science. Keywords: Instructional learning, scientific inquiry, scientific literacy.

Detail Jurnal