Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPenulis : Joni PurwantoDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan perangkat pembelajaran berbasis blended Learning terhadap hasil belajar siswa yang dilakukan pada kelas VIII SMPN 1 Pademawu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yaitu Research and Development (R & D) dengan desain Dick and Carey. Subjek penelitian adalah kelas VIII-C. Kelayakan perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, dan RPP. Diperoleh kelayakan silabus rata-rata nilai dari validator adalah 0,84. Kelayakan RPP diperoleh nilai 0,79. Kelayakan LKS diperoleh adalah 0,80 dengan validitas layak digunakan tanpa revisi (valid). Respon siswa terhadap pengunaan perangkat pembelajaran IPA berbasis Blended Learning rata-rata berada pada 90,66% interpretasi sangat baik. Hasil belajar siswa saat menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis Blended Learning, 29 siswa tuntas dan 1 siswa tidak tuntas, dengan presentase ketuntasan 96% dan presentase tidak tuntas 0,4%. Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam.
AbstractionThis research aim is to develop and application of learning science instructional based on blended learning to know studed learning outcome in the eight grade class of junior high school 1 Pademawu. This research is development research which is Research and Development (R & D) with the design Dick and Carey. The research subjects were VIII-C class.The validity of instructional material consists of syllabus, and RPP. The validity of the average syllabus of the validator is 0.84. The validity of RPP is 0.79. The validity of LKS obtained is 0.80 with validity worth using without revision (valid). Students respons to using science learning instructional based on Blended Learning are in 90,66% very good interpretation. The student learning outcomes, when use the intructional of learning science based on blended learning , There are 29 students complete and 1 student are not, by the complete presentation is 96% complete, and 0,4 % didn’t complete Keywords: Blended Learning, Learning outcomes, Sciences