Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPenulis : Rizqi AmaliaDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si.,M.SiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching dengan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon terhadap pembelajaran. Materi pada penelitian ini adalah tekanan pada zat cair kelas VIII MTS Al Ibrohimi Manyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kelas VIII E sebagai kelas kontrolkelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung 4,902 sedangkan nilai ttabel diperoleh 2,031 sehingga nilai –thitung< ttabel< thitung (-4,902< 2,031 < 4,902) dengan nilai signifikansi diperoleh 0,000< 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata 83,42. (3) Respon siswa terhadap model quantum teaching dengan metode mind mapping sangat baik dengan persentase sebesar 80%. (4) Proses pembelajaran terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 93%.
AbstractionThis research aims to elaborate the effect of quantum teaching and mind mapping method on the student ability, learning effectiveness, and student response of learning. The materials on this research was the liquid pressure in class VIII of MTS Al Ibrohimi Manyar. The research used quasi experimental design. The sampling technique used purposive sampling with VIII E as control class and VIII F as experimental class. The result of the research: 1) There was effect of quantum teaching model on the result of student learning with the t-test result is obtained tcount 4,902 while ttable 2,031, the result -tcount< ttable< tcount (-4,902< 2,031 < 4,902) with significantly 0,000< 0.05, and the result H0 refused and H1 accepted. 2) The learning result of the experimental class an average value of 83,42. 3) Student response to quantum teaching model with mind mapping method was very good with percentage value of 80%. 4) The learning process was done very well with the percentage of 93%.