Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL SYNECTIK DENGAN MEDIA WORD SQUAREPenulis : JELYA VONNY DWI LESTARIDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan dan respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran model synectik dengan media word square pada materi tata surya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, development dan disseminate), tanpa tahap penyebaran (disseminate). Sampel dalam penelitian yang akan dilakukan adalah 10 siswa kelas VII B MTs Syaiful Ulum Tanjungbumi. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh dengan metode angket, observasi dan dokumentasi. Hasil kelayakan perangkat pembelajaran oleh ahli perangkat mendapatkan nilai sebesar 95,87% kategori sangat valid, ahli materi mendapatkan nilai sebesar 95,00% kategori sangat valid dan guru IPA MTs mendapatkan nilai sebesar 89,58% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata keterbacaan terhadap LKS sebesar 84,90% kategori sangat baik. Hasil rata-rata respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan dengan model synectik sebesar 84,00% kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran model synectik dengan media word square pada materi tata surya dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata kunci: perangkat pembelajaran, model synectik, word square.
AbstractionThe research aimed to observe validity, readable and student’s response the developing of instructional learning synectic model with word square media toward material of solar system. The research used developing method with 4D model (define, design, develop and disseminate), without phase disseminate. The sampling consisted by 10 students of 7th B in MTs Syaiful Ulum Tanjungbumi. The employed sampling technique was random sampling. Technique of collecting data used questionnaire, observation and documentation. The result of validity instructional learning by expert of instructional got value around 95,87% category was so valid, the expert of material got value around 95,00% category was so valid and the teacher of IPA MTs got value around 89,58% category valid. The result of rate readable toward worksheet around 84,90% category was so good. The result of student’s response toward worksheet that was developing with synectic model around 84,00% category was interesting. Based the result of research can be concluded that developing of instructional learning synectic model with word square media toward material solar system was stated suitable to be used natural science learning. Key word: instructional learning, synectic model, word square.