Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN ETNOSAINS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP
    Penulis : WINDA KUSUMA WARDANI
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Winda Kusuma Wardani, 2017. Penerapan Pembelajaran Pendekatan Etnosains dengan Model Discovery Learning Terhadap Literasi Sains Siswa SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Fatimatul Munawaroh, Pembimbing II Wiwin Puspita Hadi. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa sesudah diterapkan pembelajaran pendekatan etnosains dengan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sedangkan uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t Independent. Hasil uji signifikansi diperoleh nilai 0,000 ? 0,005 dan diperkuat uji hipotesis dua pihak dengan nilai –thitung< ttabel

    Abstraction

    Winda Kusuma Wardani, 2017. An aplication of ethnosains approach with discovery learning model about science literacy of Junior High School students. Thesis, Natural Science Education, Study Program Education Faculty, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Fatimatul Munawaroh, Advisor II Wiwin Puspita Hadi. ABSTRACT The aims of this research was to determine students ability of science literacy, learning implementation, and students rensponse after applied ethnoscience approach learning with discovery learning model. This research used a quasi experimental design method with nonequivalent control group design. While the hypothesis test of this research uses independent t test. The result of significance test obtained value 0,000 ? 0,005 and confirmed two tail hypothesis test with a value -tcalculation< ttable

Detail Jurnal