Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA MATERI CAHAYA
    Penulis : AYU RAHMAWATI
    Dosen Pembimbing I : MOCHAMMAD AHIED,S.SI.,M.SI
    Dosen Pembimbing II :WIWIN PUSPITA,S.SI.,M.PD
    Abstraksi

    Pengembangan bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran model Predict Observe Explain (POE) pada materi cahaya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dan dilaksanakan di MTs ArRowiyah Modung Bangkalan dengan populasi 10 siswa kelas VIII pada materi cahaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan validasi para ahli, angket keterbacaan LKS, dan angket respon siswa terhadap LKS. Hasil analisis data diperoleh: (1) perangkat pembelajaran model Predict Observe Explain (POE) pada materi cahaya layak digunakan tanpa revisi dengan prosentase validitas 96% dengan kategori layak digunakan tanpa revisi dan prosentase reliabiltas 98% dengan kategori sangat reliabilitas. (2) Keterbacaan LKS diperoleh prosentase 81% dengan kategori sangat baik. (3) Respon siswa terhadap LKS diperoleh prosentase 81% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Predict Observe Explain (POE) pada materi cahaya layak digunakan oleh MTs Ar-Rowiyah Modung Bangkalan. Kata Kunci: Model Predict Observe Explain (POE), Pengembangan, Perangkat Pembelajaran

    Abstraction

    The development of aims to know feasibility learning device predict observe explain (POE) model on the subjectl of light. The development used developmet 4-D model and implemented in MTs Ar-Rowiyah Modung Bangkalan with the population of 10 students of 8 grade on the subject of light. The sampling technique using sampling random LKS. The data collection using validation by validator, LKS legibility questionnaire of LKS. Result of data analiysis were obtained: (1) the device learning predict observation explain (POE) model on the subject of light worth used without revision with the percentage of validity 96% with the category of decent used without revision and the percentage of reliability 98% with very good category (2) the legibility of LKS obtained percentageof 81% with very good category (3) student’s response to LKS obtained percentage of 81% with very good category. Based on the result can be concluded that the instructional learning Predict Observe Explain (POE) model on the subject of light suitable to use by MTs Ar-Rowiyah Modung Bangkalan Keywords: Predict Observe Explain (POE) Model, Development, Instructional Learning

Detail Jurnal