Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KECAKAPAN AKADEMIK SISWA PADA PELAJARAN IPA
    Penulis : Ahmat Ali Wahid
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kontekstual terhadap kecakapan akademik siswa pada pelajaran IPA SMP, keterlaksanaan model pembelajaran kontekstual dan respons siswa terhadap model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Manding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre Eksperimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 21 siswa menggunakan teknik purposive sampling dengan satu kelas yaitu kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif bentuk uraian yang hasilnya diuji melalui statistika uji “t” berpasangan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung 17,261 dan ttabel 2,085 pada taraf signifikansi 0,05 dapat diketahui bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran kontekstual terhadap kecakapan akademik siswa pada pelajaran IPA SMP Negeri 1 Manding. Keterlaksanaan model pembelajaran kontekstual mencapai 94,74% kategori sangat baik serta respons siswa terhadap model pembelajaran kontekstual mencapai rata-rata 88,04% kategori sangat baik. Kata kunci : Kecakapan Akademik, Model Pembelajaran Kontekstual, Pre Eksperimental

    Abstraction

    This study aims to know the effectiveness of Contextual Learning Model on Students Academic Skill in Science of Junior High School and Implementation of contextual learning model and students respons to contextual learning model. The source of data of this study is SMPN 1 Manding. The data are collected by using Pre Eksperimental this study is conducted by applying One-Group Pretest-Postest Design. The sample of this study is 21 students by using purposive sampling technique in a class (experiment class). The instrument of this study uses objective test in description test which is the results are tested by using “t” test couple statistis. The results are tcount 17,261 and ttable 2,085 in significance level 0,05 it shows that tcount > ttable. It can concludes that there is the effectiveness of contextual learning model on student academic skill in Science of SMPN 1 Manding. The Implementation of contextual learning model is 94,74% in category very good. Students response to contextual learning model is 88,04% in category very good. Key words : Academic Skill, Contextual Learning Model, Pre Eksperimental

Detail Jurnal