Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS KOMIK PADA MATERI HUKUM NEWTON
    Penulis : RIMA YULIYANTI
    Dosen Pembimbing I : LAILA KHAMSATUL MUHARRAMI, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :ANA YUNIASTI RETWO W, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji kelayakan, respon, dan keterbacaan siswa terhadap bahan ajar IPA berbasis komik pada materi Hukum Newton. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dan dilaksanakan di SMPN 1 Blega, Bangkalan dengan sampel sebanyak sepuluh siswa kelas VIII tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan data menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Bahan ajar IPA berbasis komik dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada siswa SMP dengan rerata skor validitas yang diperoleh sebesar 86,997% (2) Bahan ajar IPA berbasis komik mendapatkan rerata skor respon siswa sebesar 81,124% dengan kategori sangat menarik (3) Bahan ajar IPA berbasis komik mendapatkan rerata skor keterbacaan siswa sebesar 79,160% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Bahan Ajar, IPA, dan Komik

    Abstraction

    This study of this study to know validity, student response, and readable student in science instructional learning based on comic in newton’s law. The study uses ADDIE developing model. Held in SMPN 1 Blega, Bangkalan. The sample of students 8 grade of academic year 2016/2017. The data are collected by using purposive sampling based on the result of this study, it can be concluded that: (1) Science instructional learning based on comic is included into very suitable as instructional learning for junior high school with average validity scores 86.997%. (2) Science instructional learning based on comic, the student response is 81,124%.with very good category (3) Science instructional learning based on comic, the student readable is 79,160% in very good category. Keywords : Instructional Learning, Science, Comic

Detail Jurnal