Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIAPenulis : SUCI RACHMAWATIDosen Pembimbing I : MOCHAMMAD AHIED S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :WIWIN PUSPITA HADI S.Si., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick terhadap hasil belajar siswa, keterlaksanaan dan respon siswa dalam pembelajaran. Materi dalam penelitian ini adalah Sistem Pernapasan pada Manusia kelas VIII SMP Negeri 4 Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design.teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling.sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII F. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran talking stick dibuktikan dengan menggunakan uji Mann Whitney dimana hasil signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05, sedangkan Zhitung > Ztabel(a/2) (5,4 19 > 5,308). (2) keterlaksanaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa memperoleh presentase 84% dengan kriteria sangat tinggi.
AbstractionThis study aims to determine the effect of the Talking Stick model on student learning outcomes, implementation and student responses to learning. The material in this study is the class VIII Respiratory System in Humans in SMP 4 Bangkalan. The type of research used was Quasi Experimental Design. The sample collection technique used Purposive Sampling. Samples in this study were students of class VIII D and VIII F. The data collection techniques used were tests, observations, questionnaires, and documentation. Based on the results of the study obtained: (1) there is an influence on student learning outcomes using the talking stick learning model and learning outcomes of students who do not use the talking stick learning model proved by using the Mann Whitney test where significant results obtained 0,000 <0.05, while Zhitung > Ztable (a / 2) (5,419> 5,308). (2) the implementation of the Talking Stick learning model on student learning outcomes gets a percentage of 84% with very high criteria.