Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E BERORIENTASI SCIENCETECHNOLOGY AND SOCIETY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPenulis : MustaidahDosen Pembimbing I : YUNIN HIDAYATI, S.SI.,M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar menggunakan model Learning Cycle 5E berorientasi Science Technology and Society. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model LC 5E berorientasi STS dengan perolehan nilai thitung - 4,627 sedangkan nilai ttabel diperoleh 1,668 sehingga nilai -thitung < ttabel < thitung (-4,627 < 1,668 < 4,627) atau -4,627 < -1,668 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. 2) Ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model LC 5E berorientasi STS diperoleh 65% siswa kategori tinggi dan 35% siswa kategori sedang.
AbstractionThe aims of the research were to know the Implementation of 5E Learning Cycle Model Oriented Science Technology and Society for Increase The Learning Outcomes. The research used a quasy experimental method with non-equivalent control group design. The employed sampling technique was purposive sampling. The sampling consists of 2 classes. Based on the results of this research, it can be concluded that: 1) there was an implementation of 5E LC model Oriented STS obtained the value tcount -4,627 while the value of ttable obtained 1,668 therefore the value – tcount < ttable < tcount (-4,627 < 1,668 < 4,627) or -4,627 < -1,668 with the significance was 0,000 < 0,05. 2) there was increased learning outcomes after used 5E LC model Oriented STS obtained 65% students belong to high category and 35% students belonged to low category.