Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA SMPPenulis : KHAIRUL RAKHMAT GUNAWANDosen Pembimbing I : LAILA KHAMSATUL MUHARRAMI S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :IRSAD ROSIDI S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Pademawu, Pamekasan pada bulan Maret hingga April 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah pretest-post test non-equivalent group design. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen (rata-rata = 77,77 dan simpangan baku = 7,885) lebih tinggi dari kelompok kontrol (rata-rata = 71,03 dan simpangan baku = 9,854) dan setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2,814 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,158 atau – thitung< ttabel< thitung (- 2,814 < 2,158 < 2,814). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa.
AbstractionThe aim of this research is to know the influences of Guided Discovery Learning model on learning outcomes. The research was conducted at Junior High School 1 Pademawu, Pamekasan on March until April 2017. Method of this research was quasi experiment. This study was using pretest-post test of non-equivalent group design as the research design. The result of the study shows that the experimental students' learning outcomes (mean = 77.77 and standard deviation = 7,885) were higher than the control group (mean = 71.03 and standard deviation = 9,854). After t-test was done, it obtained 2,814 for the tcount and 2.158 for Ttable at 0.05 significance level. So, it means - tcount < ttable