Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN METODE THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI GAYA
    Penulis : Afifa Tasliatul Afida
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi gaya dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes diagnostik dengan metode Three-Tier Test pada materi gaya dan wawancara kepada guru dan 9 siswa dari 77 siswa yang termasuk kategori miskonsepsi tinggi. Persentase ratarata siswa yang mengalami miskonsepsi dari 15 soal yang digunakan yaitu 45%, persentase siswa yang tidak paham konsep yaitu 25%, persentase siswa yang paham konsep yaitu 17%, dan persentase siswa yang mengalami error yaitu 13%. Persentase miskonsepsi tertinggi terjadi pada soal nomor 7 dengan indikator soal tentang analisis keterkaitan massa dengan gaya pada kehidupan sehari-hari sebesar 88% dan miskonsepsi terendah terjadi pada soal nomor 14 dengan indikator soal tentang analisis gaya gravitasi yang bekerja pada suatu sistem sebesar 17% dari 77 siswa. Berdasarkan hasil tes diagnostik, faktor penyebab terjadinya miskonsepsi antara lain yaitu prakonsepsi atau konsep awal siswa, intuisi yang salah, kemampuan siswa, minat belajar dan buku teks. Kata Kunci: Analisis, Gaya, Miskonsepsi, dan Three-Tier Test.

    Abstraction

    The purpose of this study was to know percentage of students misconceptions on the force material and the factors of student’s misconception. The research instrument are diagnostic test with ThreeTier Test method on the force material and interviewed to the teacher and 9 students by 77 students who categorize into higher misconception. Based on data the average percentage of students who has misconception by the 15 problems was 45%, the percentage of students who did not understand the concept was 25%, the percentage of students who understood the concept was about 17%, and the percentage of pupils who experienced an error was about 13%. The highest percentage of misconception showed at point number 7 with the indicator about the mass-style interaction analysis with force in daily life was about 88% and the lowest misconception showed at point number 14 with the indicator about gravity force analysis working on a system was about 17% by 77 pupils. In addition, the factors causing misconceptions were preconceptions or early concepts of students, false intuition, student ability, interest in learning and textbooks. Keywords: Analysis, Force, Misconception, Three-Tier Test.

Detail Jurnal