Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU TIPE WEBBED BERBASIS KONSTRUKTIVISME DENGAN TEMA SABUN
    Penulis : CLARA NUR ISTIQOMAH
    Dosen Pembimbing I : YUNIN HIDAYATI, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :WIWIN PUSPITA HADI, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul IPA Terpadu tipe webbed berbasis konstruktivisme dengan tema sabun, mengetahui respon siswa dan keterbacaan modul. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development and Disseminate) tetapi tanpa tahap disseminate. Pada modul IPA Terpadu dilakukan pengujian berupa uji kelayakan, uji respon siswa dan uji keterbacaan. Hasil rata-rata uji kelayakan oleh ahli dari segi aspek materi sebesar 86,25%, dari segi aspek media sebesar 79,73%, dan dari segi aspek bahasa sebesar 94,64%. Hasil rata-rata respon siswa terhadap modul sebesar 84,4%, dan hasil keterbacaan sebesar 81,7%. Berdasarkan hasil tersebut modul IPA Terpadu dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Konstruktivisme, Modul IPA Terpadu, Sabun, Webbed

    Abstraction

    Abstract This research aims to find out the validity of integrated science module webbed type based on contructivism with soap theme, students response and readable of module. Development model that used 4D model (Define, Design, Development and Disseminate) but without disseminate phase. In integrated science module conducted a testing that was properness test, student reponse test and readable test. The average result of properness test by speacialist in aspect of material aspect by 86,25%, in aspect of media by 79,73% and in aspect of language by 94,64%. The average result of the student response on module by 84,4% and result of the readable by 81,7%. Based on the result, integrated science module was declared as proper to be used in science learning. Keywords: Constructivisme, Integrated Science Module, Soap, Webbed.

Detail Jurnal