Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Metode CRI (Certainty of Response Index) Pada Materi FotosintesisPenulis : Nuor Ainiy HidayatiDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S. Si., M. Si.Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa pada materi fotosintesis. Teknik pengambilan data dan analisis data melalui tes pilihan ganda dengan alasan tertutup yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Response Index). Berdasarkan hasil tes, siswa dibedakan menjadi 4 kategori, yaitu paham konsep (PK), paham konsep tetapi kurang yakin (PKKY), miskonsepsi (M), dan tidak tahu konsep (TTK). Persentase siswa yang paham konsep sebesar 20,91%, paham konsep tetapi kurang yakin sebesar 5,23%, miskonsepsi sebesar 53,41%, dan tidak tahu konsep sebesar 20,45%. Siswa banyak mengalami miskonsepsi pada subkonsep definisi fotosintesis sebesar 63,64%. Siswa mengalami miskonsepsi dengan rata-rata lebih dari 70% adalah sebagai berikut: 1) energi cahaya matahari digunakan hingga tahap akhir proses fotosintesis 72,73%, dan 2) kaktus merupakan tumbuhan yang menyimpan air dalam jumlah banyak pada batang adalah pernyataan yang salah 72,73%. Adapun penyebab miskonsepsi siswa adalah siswa itu sendiri karena reasoning tidak lengkap atau salah, kemampuan siswa, dan minat belajar, buku teks, serta konteks. Kata Kunci: CRI (Certainty of Response Index), Fotosintesis, Miskonsepsi
AbstractionThe purpose of this study was to know the misconception and the causes of student’s misconceptions on photosynthesis material. The collecting data techniques used multiple choice test with closed reasons. The data analyze used CRI (Certainty of Response Index). Based on the data, students were divided into four categories, namely: understanding concept (UC), understanding concept but uncertain (UCU), misconception (M), and do not know the concept (DKC). The percentage of students who understood the concept was about 20.91%, understood concept but uncertain was about 5.23%, misconceptions was about 53.41%, and do not know the concept was about 20.45%. Students who had misconceptions on the subconcept of photosynthesis definition was 63.64%. Students who got misconceptions on an average is more than 70% are as follows: 1) Shine of the sun energy used until the final stages of photosynthesis was 72.73%, and 2) Cactus is a plant that stores large amounts of water in the stem was wrong statement 72.73%. In addition, the student’s misconceptions were caused by itself (incomplete or wrong reasoning, student ability, and interest in learning), and/ textbook, and context. Keywords: CRI (Certainty of Response Index), Photosynthesis, Misconception