Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN LKS LITERASI SAINS BERBASIS KREATIVITAS
    Penulis : Ruri Susanti
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, tanggapan guru dan keterbacaan dari LKS literasi sains berbasis kreativitas yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKS dengan subjek penelitian LKS literasi sains berbasis kreativitas dengan sasaran uji coba siswa SMP kelas VIII. Rancangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D model. Pengumpulan data dilakukan dengan metode validasi oleh dua dosen ahli sebagai validator, angket tanggapan guru IPA, dan instrumen keterbacaan oleh siswa kelas VIII A SMPN 2 Krembung, Sidoarjo sebagai pengguna. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk SMP karena hasil validasi oleh ahli menunjukkan LKS telah layak dengan rata-rata kelayakan secara keseluruhan sebesar 84%. Hasil dari tanggapan guru sebesar 87% dinyatakan layak untuk digunakan. Dan hasil keterbacaan mendapatakan respon positif dari siswa sebesar 88%.

    Abstraction

    This study aims to determine the validity, the responses of teachers and legibility of Student Activity Sheets creativity-based scientific literacy that has been developed.This research is the development of Student Activity Sheets with the subject. Student Activity Sheets is the scientific literacy which based on the creativity that the test target is junior high school students of class 8 . The design of this study refers to the model of the 4D development models. The data collection was conducted by two lecturers’ validation by experts as validator, science teacher questionnaire responses, and instrument legibility by class 8 Junior High School on Krembung as a user. Overall results of this study indicate that the Student Activity Sheets which has been developed are eligible to use in the learning process for Junior High School as a result of validation by experts showed Student Activity Sheets has been decent with an average overall validity of 84%. The results of the responses of teachers by 87% declared fit for use and the results of legibility get the positive response from the students by 88%. th th

Detail Jurnal