Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Lensa Cembung Untuk Siswa SMP
    Penulis : Cholifatur Rizka
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan, dan respon siswa terhadap modul praktikum berbasis macromedia flash pada materi lensa cembung untuk siswa SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan) dan Develop (Pengembangan) tanpa Desseminate (Penyebaran). Pengujian yang dilakukan menggunakan angket kelayakan yang dinilai oleh para ahli serta angket keterbacaan dan respon siswa yang dinilai oleh siswa. Rata-rata hasil uji kelayakan materi adalah sebesar 82,145% dan kelayakan media adalah sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil dari dua kelayakan diatas diperoleh hasil sebesar 81,70% dengan kriteria layak digunakan tanpa revisi. Hasil rata-rata keterbacaan modul praktikum adalah sebesar 81,31% dengan kriteria sangat baik dan hasil rata-rata respon siswa adalah sebesar 80,97% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan, keterbacaan dan respon siswa yang didapatkan, maka modul praktikum berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai modul praktikum dalam pembelajaran IPA. Kata kunci : Lensa Cembung, Macromedia Flash, Modul Praktikum

    Abstraction

    The aims of this research were to know validity, readable, and student responses of practical module based on macromedia flash on convex lense material for junior high school students. The development model used 4D models (Define, Design and Development without Desseminate). The tests used validity questionnaire that was valuated by the experts also readable questionnaire and student responses that were valuated by students. The average result of material’s validity was 82,145% and media’s validity was 81,25% . Based on the two validities above, the validity result was 81,70% that was valid to used without revison. The result of practical module readable was 81,31% with very good chriteria and the average of student respons was 80,97% with very good chriteria. Based on the result of validity, readable and student responses, thus, the practical module based on macromedia flash on convex lense material for junior high school students was valid to be used for practical module for science learning. Keywords : Convex Lense, Macromedia Flash, Practical Module

Detail Jurnal