Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PERMAINAN KARTU EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU
    Penulis : Arum Kismawardani
    Dosen Pembimbing I : Laila Khmasatul M. S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Pengembangan produk bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan, dan respon siswa pada lembar kerja siswa berbasis permainan kartu edukatif. Model pengembangan yang dilakukan adalah 4D (Define, Disgn, Develop dan Dessiminate) tanpa Dessiminate. Hasil rata-rata penilaian uji kelayakan materi sebesar 89% dan media 88%. Rata-rata gabungan dari kelayakan tersebut adalah 89% dengan kriteria layak digunakan tanpa revisi. Hasil rata-rata penilaian keterbacaan sebesar 84% dengan kriteria sangat baik dan respon siswa sebesar 88% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan penilaian tersebut LKS berbasis permainan kartu edukatif dinyatakan layak digunakan untuk proses pembelajaran.

    Abstraction

    Product development aims to determine the validity, readable, and student response of student worksheet-based on educational card game. The development model is 4D (Define, Disgn, Develop and Dessiminate) without Dessiminate. The average result of validity test in material is 88% and 88.7% for media. The combined average of these validity is 88.3% with suitable to use without revision criteria. The average result of the readable rating is 84% with very good criteria and student response is 88% with very interesting criteria. Based on the assessment, LKS based on educative card game is declared valid to be used for learning process.

Detail Jurnal