Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.
    Penulis : Anik Fitria
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi
    Abstraksi

    Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing, keterlaksanaan keterampilan proses sains peserta didik dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Keterampilan proses sains dengan kriteria daya serap dan efektivitas pembelajaran yang diperoleh dari hasil tes mencapai 51,86% dengan kriteria baik. Sementara hasil observasi yang diperoleh mencapai 81,27% dengan kriteria sangat baik. 2.) Keterlaksanaan pembelajaran pendidik menggunakan model inkuiri terbimbing melalui praktikum diperoleh hasil 97,22% dengan kriteria keterlaksanaan pembelajaran sangat baik. 3.) Respon belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui praktikum adalah sebesar 83,70% dengan kriteria sangat baik atau sangat setuju. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Model pembelajaran,

    Abstraction

    This study aims to know implementation of guided inquiry learning model on student’s science process skills, and student’s responses. Research method that used is Pre-Experimental Design with research design of one-shot case study. The results of the study show that: 1.) The result of study showed that the science process skills by the absorption criteria and the effectiveness of learning that was obtained from the result of test reached 51,86% with good criteria. While the result of observation that was obtained reached 81,27% with very good criteria. 2.) The implementation of teacher’s learning using guided inquiry model through practicum obtained 97,22% with very good learning implementation criteria. 3.) Student’s learning responses using guided inquiry model through practicum is 83,70% with very good criteria or strongly agree. Keywords: Guided Inquiry, Science Process Skills, Learning Model.

Detail Jurnal