Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP
    Penulis : Citra Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran aktif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Nonequevalent Control Group Design. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP dengan signifikansi 0,005 < 0,05 dan –thitung < ttabel < thitung (-2,927 < 2,056 < 2,927). 2) Hasil belajar siswa kelas ekperimen mencapai nilai rata-rata 88.00. 3) Keterlaksanaan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada kelas eksperimen sangat baik sebesar 100% dan dapat dikatakan sudah terlaksana sesuai dengan yang direncanakan. 4) Respon siswa sangat baik terhadap nilai rata-rata sebesar 83%. Kata kunci: Hasil Belajar, Index Card Match, Pembelajaran Aktif.

    Abstraction

    This study aimed to find out how the influence of active learning type Index Card Match to increase junior high school student’s outcome. Research methodology that used quasi experiment with Nonequevalent Control Group Design. The result of study indicate that: 1) There is influence of active learning type Index Card Match to increase junior high school student’s outcome with significant 0,005 ? 0,05 and –thitung < ttabel < thitung (-2,927 < 2,056 < 2,927). 2) The learning result of the experimental class student reaches an average value of 88.00. 3) the carrying out of active learning type Index Card Match into experiment class that was exemplary was about 100% and it can be stated that has occurred appropriately with the planning. 4) the student’s respon had average value about 83%. Keywords: The result of study, Index Card Match, Active learning.

Detail Jurnal