Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPenulis : Desyana Kusuma NingtiasDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa setelah penggunaan model Guided Discovery Learning dengan metode eksperimen pada materi Gaya. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Al-Ghazali Tragah Bangkalan. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji sampel t bebas dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar siswa diperoleh nilai –thitung < ttabel < thitung (-9.254< 1.67591< 9.254) dan nilai signifikansi diperoleh 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata - rata pada kelas eksperimen sebesar 82.71 dan 58.93 pada kelas kontrol. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96% yang mana itu termasuk kedalam kategori sangat baik. Sedangkan, rata-rata respon siswa sebesar 91.99% yang mana itu termasuk kedalam kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil uji hipotesis, itu dapat disimpulkan bahwa model Guided Discovery Learning dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.
AbstractionThe purpose of this study was to know the influence of students study result, learning feasibility, and student responses after using the Guided Discovery Learning model and the experimental method on force matter. The type of this study was an experimental with Quasi Experimental design. The time of the study was conducted in the odd semester of 2018/2019 academic year. The target of the study was VIII-grader at Al-Ghazali Junior High School, Tragah Bangkalan. Samples were taken by Purposive Sampling technique. The samples that were used were VIII A-grader by the total of 28 students as the control class and class VIII B-grader by the total of 24 students as the experimental class. The data analysis used descriptive statistics and free sample-t test with the program assistance of SPSS version 20. The result of hypothesis testing on students study result were obtained a value –thitung < ttabel < thitung (-9.254< 1.67591< 9.254) and a significance value 0.000 < 0.05 so that H0 was rejected and H1 was accepted. The students study result in experimental class are better than the control class with the average value of experimental class is 82.71 and 58.93 in the control class. The average of learning implementation is 96% in which it includes into extraordinary category. Whereas, the average of students responses is 91,99 % in which it includes into affirmative category. Based on the results of hypothesis test, it can be concluded that the Guided Discovery Learning model and the experiemental method influence on the students study result in experimental class.