Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Modul IPA Berbasis Starter Experiment Approach (SEA) pada Materi Getaran GelombangPenulis : SulistianingsihDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno WulandariAbstraksi
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa, dan keterbacaan modul IPA berbasis Starter Experiment Approach (SEA) pada materi getaran dan gelombang. Pengembangan modul menggunakan model 4D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan tanpa disseminate (penyebaran). Pengujian yang digunakan pada modul IPA berbasis Starter Experiment Approach adalah uji kelayakan, respon siswa, dan keterbacaan. Hasil rata-rata penilaian uji kelayakan pada aspek materi sebesar 80,0% dengan kriteria layak digunakan tanpa revisi dan pada aspek desain sebesar 78,0% dengan kriteria layak digunakan tanpa revisi. Rata-rata gabungan dari kedua aspek tersebut adalah 79,0% dengan kriteria layak digunakan tanpa revisi. Hasil rata-rata penilaian respon siswa sebesar 80,4% dengan kriteria sangat baik, dan keterbacaan sebesar 81,0% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, modul IPA berbasis Starter Experiment Approach dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA.
AbstractionThe aims of the research were to know validity, student response, and the readable of science module based Starter Experiment Approach (SEA) on oscillation and wave. The development of module used 4D model (Define Design Develop Disseminate) without disseminate. Science module based Starter Experiment Approach were validity, student response, and the readable were already tested. The average result of validity test in material aspect was 80,0% with suitable to use without revision criteria and design aspect was 78,0% with suitable to use without revision criteria. The average result of two aspects was 79,0% with suitable to use without revision criteria. The average result of student response was 80,4% with very good criteria and readable was 81,0% with very good criteria. The conclude was science module based Starter Experiment Approach on oscillation and wave materials as the orientation as valid to used in learning activity.