Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIAPenulis : Novita Niāmatul KhasanahDosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.Abstraksi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimental dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kembangbahu dengan populasi semua siswa kelas VIII pada pokok bahasan Sistem Pencernaan Manusia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk kemajuan hasil belajar, teknik lembar pengamatan untuk keterlaksanaan pembelajaran dan teknik angket untuk respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa dengan hasil nilai t hitung < t tabel < t hitung hitung sebesar 7,534 dan t tabel (-7,534 < 2,000 < 7,534) dengan signifikansi 0,000 < 0.05 maka Ho ditolak dan H diterima, (2) keteraksanaan pembelajaran strategi Gallery Walk berkategori sangat baik dengan presentase sebesar 95%, (3) respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi Gallery Walk berkategori sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 80%. 1 Kata Kunci: hasil belajar, stategi gallery walk sebesar 2,000, t
AbstractionThe research purpose was to know the influence of Learning Gallery Walk Strategy through the result of student learning. The research used Quasi Eksperimental method and implemented in SMP Negeri 1 Kembangbahu with population of all students of class VIII on Human Digestive System subject. The sampling technique used purposive sampling. The sample of the research was 2 classes as experiment class and control class. Data collection used test techniques for the result progress of learning, observation sheet techniques for instructional execution and questionnaire techiques for student responses. The data analysis techniques used free sample t-test, Based on the result of the research, it can be concluded that: (1) there was influence of using Learning Gallery Walk Strategy to student learning result with t calculate was 7,534 and t table was 2,000, t calculate < t table < t (-7,534 < 2,000 < 7,534) with significantly was 0,000 < 0,05 so Ho was refused and H calculate was accepted, (2) the category of learning implementation strategy of learning Gallery Walk is very good with the percentage was 95 %, (3) student response To learning using the Learning Gallery Walk strategy was very well categorized with average percrntage was 80%. Keywords: learning outcomes, gallery walk strategy