Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA.
    Penulis : RIO SUTRA
    Dosen Pembimbing I : MOCHAMMAD AHIED, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :ANA YUNIASTI RETNO WULANDARI, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Rio Sutra. 2017. Pengembangan Media Berbasis Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Mochammad Ahied, pembimbing II Ana Yuniasti Retno Wulandari. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif. Materi yang digunakan dalam uji coba adalah interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Sampel penelitian adalah 10 siswa SMPN 1 Labang dengan teknik pengambilan data simple random sampling. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) tetapi tanpa tahap Implementation. Hasil kelayakan oleh ahli dari segi aspek materi sebesar 94,1% dan dari segi aspek media sebesar 79,5%. Hasil rata-rata respon siswa terhadap terhadap media sebesar 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut media Powerpoint Interaktif dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pengembangan, Powerpoint Interaktif.

    Abstraction

    Rio Sutra. 2017. Developing of Media Based Interactive Powerpoint on Topic Interaction of Livingthings Betweeen the Environment. Thesis. Natural Science Education Study Program, Faculty of Education, Trunojoyo University. Advisor I Mochammad Ahied, Advisor II Ana Yuniasti Retno Wulandari. ABSTRACT This research aims to determine the validity and students’ response on learning media based Interactive Powerpoint. The trial topic used was Interaction of Livingthings Between the Environment. The sample wee 10 students of SMPN 1 Labang with sampling technique used simple random sampling. The research model used was a model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) without the Implementation phase. Validity results by experts of material aspects of 94,1% and in media aspects of 79,5%. The average results of the student’s response to the media was 82,5%. Based on the results, Interactive Powerpoint media were validity use in science teaching activities. Keywords: Learning Media, Developing, Interactive Powerpoint.

Detail Jurnal