Detail Karya Ilmiah

  • UJI KELAYAKAN BUKU AJAR IPA TERPADU BERBASIS KONTEKSTUAL KEARIFAN LOKAL MADURA PADA MATERI GARAM
    Penulis : Rusmilawati
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si, M.Pd
    Abstraksi

    Artikel ini menjelaskan hasil pengembangan buku ajar IPA terpadu berbasis kontekstual kearifan lokal Madura pada materi garam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan buku ajar IPA terpadu berbasis kontekstual kearifan lokal Madura pada materi garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D. Buku ajar ini diuji kelayakan pada 3 ahli/pakar yaitu ahli materi, ahli bahan ajar, dan guru IPA SMP. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa buku ajar IPA terpadu berbasis kontekstual kearifan lokal Madura pada materi garam memiliki rata-rata perhitungan kelayakan dari ahli materi dan guru IPA SMP dengan nilai validitas sebesar 86,1%, dan nilai reliabilitas sebesar 96,1%. Rata-rata dari ahli bahan ajar dan guru IPA SMP dengan nilai validitas sebesar 88,1% dengan reliabilitas sebesar 98,3%. Rata-rata nilai validitas keseluruhan adalah sebesar 87,1% dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dan rata-rata nilai reliabilitas sebesar 97,2% dengan kategori reliabel.

    Abstraction

    This article is explaining result of development integrated science textbook based on contextual local wisdom of Madura in salt subject. The purpose of this study to describe of feasible in integrated science textbook based on contextual local wisdom of Madura in salt subject. Type of this research is a development research use 4D development model. This texbook do with 3 expert by expert subject, expert teaching materials and science teachers of SMP. The result of the research that has been done shows that integrated science textbook based on contextual local wisdom of Madura on salt subject has average feasibility calculation from subject expert and science teacher of SMP with validity value equal to 86,1%, and reliability value equal to 96,1%. The average of teaching materials experts and teachers of science SMP with a validity value of 88.1% with reliability of 98.3%. The average value of the overall validity is 87.1% with the category very feasible to be used as teaching materials and average reliability value of 97.2% with reliable category.

Detail Jurnal