Detail Karya Ilmiah

  • Identifikasi Miskonsepsi Listrik Statis pada Buku Teks IPA SMP.
    Penulis : Yuli Sara
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat miskonsepsi pada materi listrik statis dalam buku teks IPA. Buku A adalah BSE “Mari belajar Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar Panduan Belajar IPA Terpadu untuk kelas IX SMP/MTs” karangan Sukis Wariyono dan Yani Muharromah dan buku B adalah BSE “Mari Belajar IPA Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas IX” karangan Elok Sudibyo, Wahono Widodo, Wasis, dan Dwi Suhartanti dan persentase miskonsepsi yang ada dalam kedua buku teks IPA tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah konsep listrik statis dalam kedua buku teks IPA. Penelitian dilakukan dengan cara menguji konsep listrik statis yang ada dalam buku teks IPA kemudian membandingkannya dengan buku Fisika Universitas dan wawancara tim ahli. Data yang telah dikumpulkan kemudian disajikan dalam tabel hasil identifikasi miskonsepsi. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: ada miskonsepsi di dalam kedua buku teks IPA yang diteliti. Buku A terdapat 5 miskonsepsi, buku B terdapat 2 miskonsepsi. Persentase miskonsepsi yang terdapat pada buku A 6.02 % dan buku B 3.4 %. Kata kunci: buku teks, listrik statis, miskonsepsi

    Abstraction

    This research aims to know the misconception the matter of static electricity on the following science textbooks. Book by A is BSE “Mari belajar Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar Panduan Belajar IPA Terpadu untuk kelas IX SMP/MTs” author Sukis Wariyono and Yani Muharromah, and book by B is BSE “Mari Belajar IPA Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas IX” author Elok Sudibyo, Wahono Widodo, Wasis, dan Dwi Suhartanti and the percentage of misconception from the twoo books it. This research was a descriptive qualitatif research. The objects of this research were static electricity concepts in twoo books above. Research was conducted by testing the static electricity concepts in twoo science text books after that it comparing to the concept in the University Physics books and interviewing the expert team. The data collected is then presented in the identification of misconception table. Based on the result of the research, it can be concluded that: There is a misconception in the twoo textbooks science. Book by A there are 5 misconceptions and book by B there are 2 misconceptions. The percentages of misconception textbook by A 6.02 % and book by B 3.4 %. Keyword:, textbooks, static electricity, misconception

Detail Jurnal