Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWAPenulis : SITI LATHIFAHDosen Pembimbing I : Yunin HidayatiDosen Pembimbing II :Wiwin Puspita HadiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Salingtemas untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa, respon siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian adalah jenis eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental Designs. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kamal. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. sampel yang digunakan untuk penelitian berupa satu kelas yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menunjukkan bahwa: (1) angket sikap ilmiah siswa dengan perolehan persentase 76% pada saat pretest, sedangkan persentase posttest memperoleh persentase 82%. (2) respon siswa menunjukkan bahwa menggunakan PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Salingtemas mendapatkan hasil sebesar 76% dengan kriteria sangat setuju. (3) proses pembelajaran dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Salingtemas terlaksana dengan baik dan memperoleh persentase 90%. (4) Ada peningkatan sikap ilmiah siswa setelah menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dengan pendekatan salingtemas diperoleh 3% siswa kategori tinggi dan 32% siswa kategori sedang. Kata kunci: PBL (Problem Based Learning), Salingtemas, Sikap Ilmiah Siswa.
AbstractionThis study aims to find out the effect of PBL (Problem Based Learning) model using Salingtemas approach to improve scientific attitude, responsiveness of students, and implementation of learning. This type of research is a type of experiment with Pre-Experimental designs.The time of the study was conducted in the even semester of the academic year 2017/2018.The population were students of class VIII-F SMP Negeri 1 Kamal. Samples were taken by purposive sampling technique. The sampling consists of 1 class.Technique of collecting data usedquestionnaires, observations, and documentations. Data analysis techniques showed that:(1) questionnaire of students' scientific attitudes with 76% percent of pretest time, while posttest has 82% percentage. (2) students' responses showed that using PBL (Problem Based Learning) with Salingtemas approach got76% forstrongly agree criteria. (3) The learning process using the PBL (Problem Based Learning) model with Salingtemas Approach was well executed and obtained 90% percentage. (4) there was increased after learning used PBL (Problem Based Learning) with salingtemas approach obtained 3% students belong to high category and 32% students belonged to low category. Keywords: PBL (Problem Based Learning), Salingtemas, Students’ Scientific Attitudes.