Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi dengan Metode Mnemonic Menggunakan Video Scribe Terhadap Hasil Belajar Siswa
    Penulis : ROYHANAH
    Dosen Pembimbing I : YUNIN HIDAYATI, S.Si. M.Si
    Dosen Pembimbing II :ANA YUNIASTI RETNO WULANDARI, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi dengan metode mnemonic menggunakan video scribe terhadap hasil belajar siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Materi pada penelitian ini adalah gerak pada tumbuhan kelas VIII SMP Negeri 4 Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan penelitian pretest-posttest non equivalent control group design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran artikulasi dengan metode mnemonic menggunakan video scribe terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai t hitung 4,177 sedangkan nilai t tabel diperoleh 1,669 sehingga nilai -t hitung < t tabel < t hitung (-4,177 < 1,669 < 4,177) dengan nilai signifikansi diperoleh 0,00 < 0,05 sehingga H 0 ditolak dan H a diterima. (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata 85,00. (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran artikulasi dengan metode mnemonic menggunakan video scribe sangat baik dengan nilai persentase sebesar 77,25. (4) Proses pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 100%. Kata Kunci: Artikulasi, Hasil Belajar, Mnemonic, Video Scribe

    Abstraction

    This research aims to determine the influencing of articulation learning model with mnemonic method using video scribe on student learning outcomes, learning effectiveness, and student response to learning. The material on this research was the motion in class VIII Bangkalan 4 Junior High School. The research used quasi experimental design with pretest-posttest non equivalent control group design. The sampling technique used purposive sampling with class VIII G as experimental class and class VIII H as control class. Data collection techniques in this research using test methods, questionnaires, observation sheets, and documentation. The result of this research shows that: (1) There was effect of articulation learning model with mnemonic method using video scribe on student learning result with t-test obteined t calculated viii 4,177 while t table 1,669, -t calculated < t calculated (-4,177 < 1,669 < 4,177) with significantly 0,00 < 0,05 so H 0 refused and H a accepted. (2) The learning result of the experimental class students reaches an average value of 85.00. (3) Student response to articulation model with mnemonic method using video scribe very good with percentage value of 77,25. (4) The learning process was done very well with the percentage of 100%. Keywords: Articulation, Learning Outcomes, Mnemonic, Video Scribe

Detail Jurnal