Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa.
    Penulis : Redis Septiawan,
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S. Si., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Larangan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Larangan. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pengujian hipotesis kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa menggunakan Uji-t sampel bebas dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis kemampuan berkomunikasi siswa diperoleh nilai -t hitung v < t tabel < t (-3,413 < 2,015 < 3,413) maka H o ditolak dan H a hitung diterima. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa diperoleh nilai -t hitung < t tabel < t hitung (-2,527 < 2,074 < 2,527) maka H diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), hasil belajar, kemampuan berkomunikasi.

    Abstraction

    The purpose this research is know the effect model Auditory Intellectually Repetition (AIR) to communication skill and student learning outcomes at the material of solar sistem student at VII class Junior High School Negeri 2 Larangan study yard 2016/2017. This is research an exsperimental study with use the reseach design Quasi Exsperimental. The population this research is all of the student VII class A as many 23 student as exsperimental class and VII class B as many 23 student as control class. The data analysis technique of hypothesis testing for communication skill and student learning outcomes use Independent Samples T-Test with program SPSS versi 18.00. The result of hypothesis testing for communication skill student values obtained -t count < t table < t count (-3,413 < 2,015 < 3,413) then H the rejected and H a vi o the accepted. The result of hypothesis testing for student learning outcomes values obtained -t count < t table < t count (-2,527 < 2,074 < 2,527) then H o the rejected and H the accepted. Based on the result of the hypothesis test it can be con cluded the model Auditory Intellectually Repetition (AIR) significant effect on the ability to communication skill and student learning outcomes. Keyword: Auditory Intellectually Repetition (AIR), learning outcomes, communication skill.

Detail Jurnal