Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran IPA
    Penulis : Yunita Puspita Sari Putri
    Dosen Pembimbing I : Laila khamsatul Muharrami S.Si., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solvingpada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Kemp. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, dan bahan ajar. Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Pucuk Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan tanpa perbaikan dengan nilai 80,92%. Tingkat keterbacaan LKS yang dikembangkan adalah 78,00% yang dikategorikan sangat tinggi, dan tingkat keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan adalah 69,79% yang dikategorikan tinggi. Kata kunci: Model Creative Problem Solving, pembelajaran IPA, pengembangan perangkat

    Abstraction

    ABSTRACT The research is development to know validity of instructional learning with Creative Problem Solvingmodelof science learning. This research used Kemp development model. The instructional of learning was developed that includes syllabus, lesson plan, student worksheet, and lesson matter. The trialed instructional of learning has been ready implemented in VIII A SMP Negeri 1Pucuk Lamongan. The results showed that the instructional of learning developed was valid and effective, totality, and can used without any repaired with score 80,92%. The readability level of student worksheet which developed was 78,00% with very high categories and the readability level of lesson matter which developed was 69,79% with high categories. Key Words: Creative Problem SolvingModel, science learning, development of instructional

Detail Jurnal