Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar
    Penulis : ROBIATUN
    Dosen Pembimbing I : Laila khamsatul Muharrami S.Si., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Reciprocal Teaching pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa, respon siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian adalah jenis eksperimen dengan desain penelitian Quasi eksperimental. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Miftahul Qulub Polagan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-D sebagai eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas dengan bantuan SPSS 20. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh dari model Reciprocal Teaching pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung 7,246 sedangkan nilai ttabel 1,681 diperoleh 1,681 sehingga nilai –thitung < ttabel < thitung (-7,246 < 1,681 < 7,246) dengan nilai signifikansi diperoleh 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) respon siswa menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching mendapatkan hasil sebesar 88,32% dengan kriteria sangat setuju. (3) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching terlaksana dengan baik dan mendapatkan persentase 95,96%. (4) hasil belajar kelas eksperimen mencapai kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 82,92. Kata kunci: Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Reciprocal Teaching

    Abstraction

    The research of aimed to know the effect of Reciprocal Teaching model on students' science ,learning outcomes, student responses, and learning implementation. The type of research was experiment with an experimental Quasi research design. The time of study was conducted on the even semester of the academic year 2017/2018. The population of the research were the students of class VIII MTs Miftahul Qulub Polagan. Samples were taken by purposive sampling technique. The sample of research were two classes that was class VIII-D as experiment and class VIII-E as control class. The research design used nonequivalent control group. Data collection techniques in research using test methods, questionnaires, observation, and documentation. The data analysis technique used dependent sample t test with SPSS 20.0. The result of the research shows that: (1) there was influence from Reciprocal Teaching instruction model to student learning result with t test result obtained tcount 7,246 while ttable value obtained 1,681 so that value is -tcount < ttable < tcount (-7,246 < 1,681 < 7,246) with The significance value is 0.000 < 0.05 so that H0 is rejected and H1 is accepted. (2) student responses show that using Reciprocal Teaching model get 88,32% result with criteria very agree. (3) the process learning used Guided Discovery Learning model was done well and get 95,96% percentage. (4) the learning result of the experimental class reach the Minimum Criterion that is 82,92. Keywords : Learning outcomes, Learning Science, Reciprocal Teaching

Detail Jurnal