Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Kognitif, afektif, Dan Psikomotorik
    Penulis : Suliwa
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Demonstrasi terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA materi pengukuran siswa kelas VII MTs Al Miftah Modung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pre Experimental. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 18 siswa. Teknik analisis pengujian hipotesis hasil belajar kognitif siswa menggunakan Uji-t sampel bebas dengan program SPSS versi 20.00. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai -thitung < ttabel < thitung (-2,263 < 2,110 < 2,263) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar afektif siswa keseluruhan sebesar 88,19% dengan kategori sangat baik dan pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar psikomotorik siswa keseluruhan sebesar 83,31% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Kata Kunci: Metode demonstrasi, pembelajaran IPA, hasil belajar, kognitif, afektif, psikomotorik.

    Abstraction

    The research aims to know the effect of Demonstration method on cognitive, affective, and psychomotoric student learning outcomes on science material measurement at class VII MTs Al Miftah Modung academic year 2017/2018. This research is an experimental research with Pre Experimental research design. The sample was used students of class VII of 18 students. The analysis technique of hypothesis testing of students' cognitive learning result using independent sample t-test with SPSS program version 20.00. The result of hypothesis testing of students' cognitive learning results obtained by –tcount

Detail Jurnal